Minimarket Waralaba (Indomaret & Alfamart) VS Minimarket Lokal (Pribadi)

Minimarket Waralaba (Indomaret & Alfamart) VS Minimarket Lokal (Pribadi)

 

Sekarang negara Indonesia dihadapkan pada kenyataan bahwa indomaret dan alfamart mulai menjamur dari kota-kota besar. Hingga sampai di daerah pelosok wilayah perdesaan tak terkecuali di desa basis pertanian. Menjamurnya ini bukan tanpa sebab, karena pasti ada alasan yang kuat terutama  pada aspek marketshare dalam bisnis ritel modern.

Alasan Belanja di Minimarket yaitu :

  1. Barang yang dijual minimarket adalah barang konsumtif mulai bangun tidur sampai tidur lagi (pasta gigi, sikat gigi, pakaian dalam, parfum, roti, beras, minyak goreng, snack, minuman, pulsa, rokok, pengharum ruangan, obat nyamuk dll)
  2. Perilaku masyarakat yang sudah teredukasi untuk kemudahan belanja di minimarket ritel modern
  3. Konsumen bebas memilih sesuka hati untuk memilih barang yang diinginkan
  4. Pelayanan yang ramah dan Fasiltas pendukung untuk kenyamanan belanja di minimarket
  5. Harga yang pasti (tidak tawar menawar)
  6. Dll

Melihat kondisi tersebut tidak heran jika ritel modern minimarket terus tumbuh hingga pelosok daerah. hal ini menciptakan angin segar bagi masyarakat lokal untuk melirik dan menjalankan bisnis minimarket ini secara pribadi (non waralaba) sehingga perkembangan minimarket lokal (non waralaba) berkembang dengan pesat.

Data Statistik Lembaga Survey Terhadap Perkembangan Minimarket

Data statistik bisnis ritel modern dari Lembaga Survey Nielsen memaparkan perkembangan bisnis minimarket 2017 sangat luar biasa pesatnya. Menurut Nielsen, sebuah perusahaan survey paling bonafit, terjadi pergeseran pola belanja dari supermarket ke minimarket. Ini terbukti dari pertumbuhan minimarket mencapai 7 % sedangan supermarket hanya 0,4 %. Jika akhir tahun lalu (2017) banyak media nasional yang memberitakan penurunan industri ritel nasional tema berita daya beli masyarakat turun dan banyak perusahaan retail tutup.

Dari mana sumbernya data yang menyatakan penurunan bisnis ritel ? sumbernya dari lembaga survey nasional. Kategori bisnis ritel apa yang turun signifikan? Yang turun signifikan adalah ritel kategori fashion (offline atau tidak online). Yang turun apanya ? Yang turun adalah kinerja pertumbuhan perusahaan bukan omzetnya, silahkan anda cek sendiri dengan melihat di beberapa situs lembaga survey dengan membaca secara baik dan benar dari data tersebut. Sehingga kita harus detail dalam menerima dan memahami informasi tersebut dengan cara kita cari akar sumber datanya.

Media menyampaikan pemberitaan informasi berdasarkan berbagai sumber survey, yang dimana datanya mengambil data kinerja perusahaan go public. Sedangkan untuk perusahaan lokal apakah terdata dalam lembaga survey? Jawabannya tidak tersurvey. Coba bayangkan lembaga survey jika harus mendata para pelaku usaha ritel lokal dengan kepemilikan pribadi, mereka harus terjun dilapangan satu persatu untuk mendata kinerja usaha ritel dengan status kepemilikan pribadi. Untuk melakukan itu harus butuh berapa tenaga, waktu dan biaya berapa untuk mengambil data tersebut? Jadi para lembaga survey ini mengambil data dari beberapa perusahaan go public untuk dijadikan dasar data untuk dianalisa dan di sampaikan oleh publik melalui media-media nasional.

Jual Perlengkapan Ritel Modern – Rak Minimarket

Kemudian kami sebagai perusahaan perlengkapan minimarket ( rak minimarket , meja kasir, rak rokok, software kasir serta jasa pendampingan pendirian minimarket non waralaba) yang melayani para pelaku usaha ritel modern pribadi. Kami memiliki data internal perusahaan terkait penjualan dan jumlah konsumen yaitu penjualan perlengkapan minimarket terus meningkat dari tahun ketahun. Dan jumlah klien pendampingan pembukaan minimarket pribadi juga berbanding lurus mengalami peningkatan. Hal ini ada sebab yang mendasar yaitu masyarakat sudah teredukasi dan terbiasa dalam berbelanja pada ritel modern. Orang desa awalnya merasa takut bila melihat tampilan yang megah untuk berbelanja. Kemudian masyarakat juga sudah pandai dalam membandingkan harga keseluruhan barang (bukan barang tertentu yang di promosikan terus-menerus dengan diskon). Sehingga dengan ini anda bisa menyimpulkan sendiri bahwasannya ritel modern milik pribadi memiliki potensi yang baik dan terus tumbuh. Karena sudah bersaing pada level yang sepadan pada minimarket waralaba.

 

www.rakminimarketindo.com

Distributor Rak Minimarket – Langsung Dari Pabrik

Leave a Comment